I am old now. Keep single or accept whoever come?


Hari ini saya membaca suatu status yang menarik di fb salah satu teman. Pada intinya ia menyatakan bahwa perempuan pada usia tertentu akan menerima seseorang (lelaki) yang akan melamar dia karena tidak punya kekuatan untuk memilih. Tidak seperti perempuan muda (antara 20-25 tahun), perempuan berusia matang tidak punya lagi sesuatu yang bisa ditawarkan sehingga menerima siapapun yang akan melamarnya.

Menarik sekali mengetahui pendapat teman pria saya. Anggapan bahwa perempuan pasrah menerima pinangan karena faktor usia. Meski tidak bisa dipungkiri bahwa dengan semakin bertambahnya usia, perempuan banyak mendapatkan hambatan fisiologis dan psikologis dalam melanjutkan keturunan, tapi perempuan memiliki kebebasan untuk memilih dan mengatur kehidupannya.

Menurut pendapat saya, faktor usia tidak menjadi alasan bahwa perempuan dalam posisi yang lemah untuk menentukan pasangan hidupnya. Mengingat pasangan hidup adalah orang yang akan menemani hingga maut memisahkan, diperlukan kecermatan dalam menentukan pilihan. Hal ini berlaku untuk pria dan wanita.

Jadi ingin tahu pendapat yang lain, jika sampai usia tertentu, katakanlah 30-35 tahun dan belum mendapatkan pasangan, apa yang akan dilakukan? menerima lamaran yang datang tanpa banyak pertimbangan (sudah untung ada yang melamar)? Mencari dan ga putus asa atau tetap melajang? Menarik jika ada yang mau menyampaikan ide.

Leave a comment